Sabtu, 19 April 2008

Pedoman Kehidupan

Saatnya kita bertobat... hehehe, tumben ya gw ngomong gitu!!
Semua hal yang gw tulis disini, gw ambil dari Kitab Sarasamucchaya, salah satu kitab Agama Hindu.

I. Dasar dan Tujuan Hidup
a. Cloka 8
Diantara semua mahluk, hanya manusia jugalah yang dapat melaksanakan (dan membedakan) perbuatan yang baik maupun yang buruk. Justru dalam merubah yang buruk menjadi yang baik itulah merupakan tujuan hidup (phala) menjadi manusia.

II. Keagungan Dharma
a. Cloka 18
Tetapi sebenarnya keagungan arti Dharma ialah bahwa untuk mendapatkan harta dan kepuasan nafsu, Dharma itulah dilaksanakan terlebih dahulu, karena jika sudah demikian tidak boleh tidak, harta dan kepuasan nafsu itu pasti akan didapat. Sebaliknya, tidak akan ada artinya, mendapatkan harta dan kepuasan nafsu jika menyeleweng dari ajaran Dharma.

III. Perihal Pelaksaaan Dharma
a. Cloka 47
Adapun yang patut engkau lakukan ialah jika suatu yang timbul dari perbuatan, kata2 dan pikiran yang tidak menyenangkan bagimu sendiri serta menimbulkan kesusahan dan menyebabkan penyakit, janganlah diperbuat hal yang demikian itu pada orang lain. Berbuatlah amal selalu untuk kesejahteraan orang lain berdasarkan cinta kasih. Perbuatanmu yang demikian itu Dharma namanya. Jika menyimpang dari ajaran Dharma, lebih baik janganlah dilakukan.

To be continued...

Tidak ada komentar: